Seminar Hasil Kerja Praktik (KP) Ilmu Aktuaria 2024

Mahasiswa - 25 Maret 2024 - 12:00 AM

Apa Itu Kerja Praktik? 

Kerja Praktik adalah mata kuliah wajib bagi mahasiswa Institut Teknologi Kalimantan dimana mahasiswa mendapatkan kesempatan untuk bekerja di lapangan dalam suatu bidang terkait dengan studi mereka. 

TUJUAN PROGRAM KERJA PRAKTEK

Memberikan pengalaman visual dan pengenalan bagi mahasiswa tentang suatu kegiatan pembangunan fisik yang nyata dan segala aspeknya yang meliputi aspek kerekayasaan, kontraktual dan administratif serta pelaksanaannya di lapangan, agar mahasiswa mempunyai pengetahuan dan pemahaman atas masalah tersebut.

Membina kemampuan dan keterampilan mahasiswa dengan cara melibatkan mahasiswa secara langsung dalam hal pengenalan masalah, pemecahan masalah, team work, koordinasi, penyampaian hasil penyelesaian masalah/tugas dengan komunikasi lisan maupun tulisan dalam dunia kerja di bidang Ilmu Aktuaria.

Berikut adalah buku panduan Kerja Praktik ITK:https://drive.google.com/file/d/1w83rQ33zgCGewIvgD1LNA8TiyaZnM0BT/view?usp=drivesdk

Demi memenuhi persyaratan kelulusan, Mahasiswa Ilmu Aktuaria telah menjalankan Kerja praktik dengan total 14 mahasiswa yang sudah melaksanakan, dan mengadakan Pameran atau Seminar Kerja Praktik. Dengan Tema “Inovasi dalam Pengelolaan Risiko dan Keuangan” . 

Apa yang dimaksud dengan Pameran Atau Seminar kerja praktik?,Apasi tujuan dari Pameran tersebut? 

Sebuah seminar Kerja Praktik merupakan kegiatan akademis di mana mahasiswa mempresentasikan hasil dan pengalaman mereka selama menjalani program Kerja Praktik. Seminar ini bertujuan untuk memperluas pengetahuan dan pemahaman mahasiswa tentang industri yang terkait dengan bidang studi mereka, serta berbagi pengetahuan dan pengalaman antara sesama mahasiswa. Selain itu, seminar ini juga dapat menjadi platform untuk memperoleh umpan balik dari dosen dan rekan mahasiswa mengenai kualitas dan relevansi kerja praktik yang telah dilakukan.

Tujuan dari diadakannya kegiatan Seminar Hasil Kerja Praktik Prodi Ilmu Aktuaria Institut Teknologi Kalimantan adalah memperlihatkan hasil kerja praktik yang telah dilakukan oleh peserta Seminar Kerja Praktik.

Seminar Kerja Praktik ini sukses dijalankan pada:

Hari/Tanggal: Jum'at, 08-Maret-2024

Waktu : 08.00-14.00 WITA

Tempat : Auditorium Lab Terpadu ITK

Kegiatan Seminar Kerja Praktik yang dilaksanakan dibagi menjadi dua agenda yaitu Agenda pertama adalah Open Talk yang dibawakan oleh Bpk Muhammad Azka, S. Si, M.Sc. dan agenda yang kedua adalah pameran hasil Kerja Praktik yang akan dibawakan peserta Seminar KP, acara dimulai dengan registrasi dimulai dari pukul 08.00-09.00, lalu acara di buka oleh MC, dan dilanjutkan pembacaan do'a yang dibawakan okeh saudara Muhammad Bilal Al-Islami, selanjutnya ada 3 sambutan, yang pertama sambutan dari ketua pelaksana kegiatan seminar KP Margaret Boru Siregar, selanjutnya sambutan dari ketua Assa yaitu Muhammad Azfa Nugraha, dan sambutan yang terakhir yaitu dari Koordinator Program Studi Ilmu Aktuaria Bpk Muhammad Azka, S. Si, M.Sc. lalu di masuk ke acara inti pertama yaitu talkshow terkait Kerja Praktik(KP)-Magang-TA dan perjalanan Ilmu Aktuaria ITK dari awal berdiri sampai dengan detik ini dan dibawakan oleh Bpk Muhammad Azka, S. Si, M.Sc dan dimoderatorin oleh Nadya Azwarelda, setelah itu dilanjutkan tanya jawab oleh audiens kepada pemateri, lalu dilanjutkan dengan acara dokumentasi, dan penutupan oleh MC. 

Masuk kepada acara inti kedua yaitu Pameran hasil Kerja Praktik dari jam 11.00-12.00, setelah itu ishoma, jam 13.30 dilanjutkan dengan agenda pameran sampai dengan 13.55,dan 13.55-14.00 ditutup kembali oleh MC. 

Tidak lupa Kegiatan seminar Kerja Praktik (KP) program Studi Ilmu Aktuaria ITK, didatangi oleh Tamu Undangan yang luar biasa yaitu:

  • Bpk Muhammad Azka, S. Si, M.Sc. (Selaku Koordinator Program Studi Ilmu Aktuaria, dan pembimbing Seminar KP) 
  • Bpk Eka Krisna Santoso, S.Si. MBA (Selaku Dosen pembimbing Seminar KP, sekaligus Dosen Ilmu Aktuaria) 

Adapun daftar nama nama peserta seminar Kerja Praktik (KP) :

  1. Annisa Salsabila Putri (17211005):Analisis Pengaruh Perputaran Kas, Piutang, dan Persediaan Terhadap Profitabilitas PT. Eka Dharma Jaya Sakti Periode 2018-2022.
  2. Anriyani Manik (17211006):Analisis Pengaruh Parameter Productivity Hauler Terhadap Produksi Overburden di PT. PAMAPERSADA NUSANTARA District KPCS.
  3. Asri Rizka Pratiwi (17211007):Analisis Rasio Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Pada Pemerintah Daerah Kota Balikpapan Periode 2018-2022.
  4. Auliah Juliana Syavirah (17211008):Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Piutang di PT Pertamina Port & Logistic Tanjung Batu.
  5. Brema Sembiring (17211009):Pengaruh PAD, DAU, DAK, dan Jumlah Penduduk Terhadap Belanja Modal Daerah.
  6. Delvhi Attas (17211012):Analisis Proses Pembuatan Purchase Requisition dan Meramalkan Nilai Total Persediaan Barang Pada PT. Darma Henwa Tbk Tahun 2015-2022 Menggunakan Metode Trend Analysis.
  7. Desilya Lau (17211013):Analisa Laporan Keuangan Tahunan PT. Kilang Pertamina Internasional Dengan Menggunakan Metode Financial Analysis Ratio Periode 2019- 2022.
  8. Dhiya Arifa (17211014):Analisis Laporan Keuangan dengan Metode Trend Analysis Untuk Mengevaluasi Kinerja Keuangan di PT. Kilang Pertamina Internasional Periode 2018-2022.
  9. Hadiyyana Falakha Syahroni (17211017):Analisis Pengaruh Kualitas Makanan dan Pelayanan Kantin PT. Pertamina Port & Logistics Shorebase Tanjung Batu Terhadap Tingkat Kepuasan Karyawan.
  10. Nisa Risanti (17211025):Penerapan K-Means Clustering Untuk Pengelompokan Partisipasi Perusahaan Peserta BPJS Ketenagakerjaan Berau Kalimantan Timur.
  11. Nur Rahmah (17211026):Analisis Faktor Yang Berpengaruh Pada Besar Klaim JKK BPJS Ketenagakerjaan Berau Dengan Regresi Dummy.
  12. Sabina Sasikirana (17211029):Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Transaksi Pembayaran Jasa Kepelabuhan PT. Pertamina Trans Kontinental Periode November 2023 dengan Metode Regresi Logistik.
  13. Shindi Claudia Panjaitan (17211031):Rencana Produksi Pengangkutan Overburden Berdasarkan Pola Hujan di PIT Kanguru PT. PAMAPERSADA NUSANTARA.
  14. Sulindah Permatasari (17211034):Analisis Pengaruh Pendapatan, Beban Pokok Pendapatan, dan Beban Pajak Terhadap Laba Komprehensif PT. Darma. 

 

Selamat atas Keberhasilannya telah menjalan Kerja Praktik(KP), semoga ilmu yang didapat membawa berkah bagi yang menjalankan dan bisa mengajari teman teman dan adik adik yang lain. Amiin….

 

Kita tunggu seminar selanjutnya… See You guyss..