PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT

Pengmas - 10 Desember 2020 - 12:00 AM

“PELATIHAN EKSPLORASI DATA DENGAN MS. EXCEL”

Pandemi Covid-19 yang saat ini terjadi di Indonesia berdampak dalam segala aspek kehidupan, terutama pendidikan. Untuk mencegah penyebaran virus ini, setiap individu diwajibkan untuk mengikuti  aturan protokol kesehatan. Bagi civitas akademika, ini merupakan sebuah tantangan dimana  segala aktifitas  pada lingkungan perguruan tinggi  dilakukan secara online. Tidak hanya dalam melaksanakan proses pembelajaran, namun juga pada kegiatan lain seperti  pengabdian kepada masyarakat.

Pengabdian kepada masyarakat merupakan bagian dari Tri Dharma perguruan tinggi yang harus dipenuhi. Untuk mewujudkan itu, program studi Ilmu Aktuaria Jurusan Matematika dan Teknologi Informasi (JMTI) mengadakan kegiatan workshop yang bertemakan “Pelatihan Eksplorasi Data dengan Ms. Excel”. Tujuannya secara umum yang ingin dicapai yaitu meningkatkan literasi data analitik bagi generasi muda. Selain itu secara khusus pada workshop kali ini lebih ditekankan pada skill data eksplorasi yang merupakan kemampuan utama dalam proses analisis data.

Kegiatan workshop ini dilakukan  pada hari Sabtu, 28 November 2020 pukul 13.00 sampai pukul 15.00 WITA secara online melalui Zoom dan live streaming pada akun Youtube program studi Ilmu Aktuaria. Selanjutnya, kegiatan ini dipandu oleh Yustina Fitriani, M.Pd dari sesi awal pembukaan hingga penutup. Kemudian, sambutan juga disampaikan oleh Bapak Muhammad Azka, S.Si., M.Sc selaku ketua program studi Ilmu Aktuaria ITK.  Kegiatan ini diikuti oleh 139 peserta dari kalangan mahasiswa, dosen, maupun masyarakat umum. Narasumber dari kegiatan ini adalah Ibu Primadina Hasanah, S.Si.,M.Sc. dan Ibu Fauzah Hikmawati, S.Si.,M.Stat. selaku dosen pada program studi Ilmu Aktuaria.

Pelatihan dimulai dengan menjelaskan konsep dasar data meliputi tipe data, skala pengukuran, dan proses penyiapan data. Selanjutnya dijelaskan tentang summarizing data yang merupakan tahap awal menyimpulkan isi data. Proses ini dapat dilakukan melalui identifikasi statsitik deskriptif maupun menampilkan plot yang sesuai dengan data. Sesi terkahir workshop ini ditutup dengan memberikan pelatihan pembuatan pivot tabel untuk menyajikan summary dari data.

Semoga kegiatan workshop ini memberikan banyak manfaat bagi kita semua.  Tak lupa juga kami ucapkan terima kasih kepada semua pihak yang ikut membantu kelancaran kegiatan ini.