ITK OPEN HOUSE 2023

Mahasiswa - 04 April 2023 - 12:00 AM

     Pada tanggal 11-12 Februari 2023 lalu, Institut Teknologi Kalimantan telah menyelenggarakan acara tahunannya, yaitu ITK Open House dengan tema “Explore Our Universe”. Acara ini bertujuan untuk memperkenalkan program studi dan UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa) yang ada di ITK kepada para siswa/i tingkat SMA/K sederajat. Tidak hanya itu saja, para siswa/i bisa merasakan langsung suasana belajar dan mengajar dengan mengikuti kelas perkuliahan umum yang juga diadakan dalam acara ITK Open House ini. Tahun ini merupakan rekor baru bagi ITK Open House selama 4 tahun terakhir dengan pendaftar sebanyak 1.186.

     Prodi Ilmu Aktuaria juga ikut andil dalam memeriahkan acara ini dengan memamerkan booth Program Studi Ilmu Aktuaria bertemakan “Build The Bright Future With Actuarial Science” yang berhasil menarik peserta sebanyak 300 lebih peserta yang telah tercatat setelah mengunjungi booth Ilmu Aktuaria. Booth Ilmu Aktuaria menghadirkan banyak hal di dalam boothnya antara lain: mading yang berisi penjelasan mengenai apa itu Ilmu Aktuaria, dosen pengajar, prospek kerja, selain itu Ilmu Aktuaria juga menyiapkan beberapa permainan yang tidak kalah menarik sehingga para peserta juga dapat bermain permainan sambil mengenal Ilmu Aktuaria itu sendiri dan Ilmu Aktuaria juga memberikan merchandise berupa gantungan kunci dan juga stiker yang bisa mereka dapatkan.

     Tidak hanya itu saja, Ilmu Aktuaria juga mengadakan kelas perkuliahan yang dibawakan oleh Bapak Eka Krisna Santoso, salah satu dosen pengampu Program Studi Ilmu Aktuaria dengan judul “Be an Actuary”. Kelas perkuliahan ini juga mengundang perhatian banyak peserta, dengan pendaftarnya sebanyak 95 orang. Ada pun pada kelas ini membahas seputar kegiatan-kegiatan apa saja yang ada di ITK, apa itu prodi Ilmu Aktuaria, apa saja yang dipelajari di Ilmu Aktuaria, prospek kerja apa saja yang dimiliki Ilmu Aktuaria, dan masih banyak lagi seputar Ilmu Aktuaria lainnya. Meskipun program studi ini termasuk program studi baru di Indonesia tetapi program studi ini sangat banyak dibutuhkan dimana-mana dan banyak diminati oleh banyak orang.

     Acara yang dilaksanakan selama dua hari itu mendapatkan respons yang baik dari calon mahasiswa baru maupun dari mahasiswa ITK itu sendiri. “ITK Open House 2023 berhasil mendapatkan antusiasme yang baik dari para calon mahasiswa baru yang dapat dilihat dari jumlah peserta yang mendaftar untuk ikut ITK Open House dan tidak hanya dari Balikpapan bahkan banyak calon mahasiswa dari luar kota Balikpapan dan dari luar pulau sekalipun contohnya Penajam Paser Utara, Bontang, Surabaya dan Kediri.” kata Ferdiansyah, mahasiswa prodi Ilmu Aktuaria angkatan 22. Sampai bertemu di ITK Open House berikutnya.