FGD Ilmu Aktuaria 2020

FGD - 20 Oktober 2020 - 12:00 AM

 

Sebagai salah program studi yang baru saja dibuka di Institut Teknologi Kalimantan, Program Studi Ilmu Aktuaria mengadakan Focus Group Discussion dalam rangka memperoleh masukan mengenai kurikulum dan pengembangan program studi kedepannya.

FGD yang berlangsung pada tanggal 2 Juli 2020 dihadiri oleh Wakil Rektor bidang Akademik dan Wakil Rektor bidang Non Akademik Institut Teknologi Kalimantan Ketua Jurusan Matematika dan Teknologi Informasi Institut Teknologi Kalimantan, Tim kurikulum pusat Institut Teknologi Kalimantan serta dosen program studi Ilmu Aktuaria. Pada acara tersebut hadir dua orang narasumber yaitu Dr rer.nat Hendri Murfi, S.Si., M.Kom.  yang merupakan Korpordi S1 Ilmu Aktuaria Universitas Indonesia dan Paul Setio Kartono, FSAI  yang menjabat sebagai Ketua Komisi Ujian dan Kurikulum Persatuan Aktuaris Indonesia.

Diskusi yang berlangsung selama 3 jam tersebut membahas berbagai macam hal, diantaranya adalah mengenai kebutuhan aktuaris menyambut perpindahan ibu kota negara, tantangan aktuaris menghadapi revolusi industri 4.0 ,  saran mengenai kurikulum program studi ilmu aktuaria, kampus merdeka,  penciri program studi ilmu aktuaria ITK, prospek penyetaraan ujian PAI, serta kemungkinan-kemungkinan kerja sama. Meskipun diskusi hanya bisa berlangsung melalui virtual, mengingat pandemi COVID-19, namun hal ini tidak mengurangi antusiasme dalam diskusi demi perkembangan program studi ilmu aktuaria pertama di pulau Kalimantan ini.

Dengan penyelenggaraan diskusi ini diharapkan menjadi awalan yang baik dalam penyelenggaranan tahun ajaran pertama bagi program studi Ilmu Aktuaria Institut Teknologi Kalimantan.